Masyarakat Seluas Apresiasi Program BRS Pemerintah Kabupaten Bengkayang

Pemerintah Kabupaten Bengkayang melalui Dinas Perumahan Rakyat, Permukiman dan Lingkungan Hidup pada Selasa (28/05) kembali melaksanakan kegiatan sosialisasi program Bantuan Rumah Swadaya (BRS) Tahun Anggaran 2019.

Definisi dan Ciri-ciri Rumah Swadaya.

Kegiatan yang kali ini dipusatkan di Aula Kantor Kecamatan Seluas dihadiri oleh Sekretaris Camat Seluas, Kepala Desa yang warga di wilayah administratifnya menerima bantuan BRS, Koordinator Fasilitator Lapangan, perwakilan dari Kejaksaan Negeri Bengkayang, perwakilan Polsek Seluas serta turut hadir pula petugas dari Bank Kalbar Cabang Bengkayang.

Suasana Giat Sosialiasi BRS di Aula Kecamatan Seluas.

Dalam kesempatan tersebut Yustina Ita Wurini, S.TP., MM, Kabid Perumahan Rakyat pada Dinas Perumahan Rakyat, Permukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Bengkayang memberikan penekanan kepada calon penerima BRS untuk konsekuen dalam menyukseskan program BRS.

“BRS diperuntukkan bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah merupakan program yang dianggarkan dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Pemerintah harus melaksanakan tahapan yang tidak mudah hingga program ini dapat dinikmati masyarakat. Dibutuhkan penyiapan perangkat aturan, penyusunan rencana kerja, rasionalisasi serta evaluasi terhadap program ini sendiri. Setiap penerima BRS sendiri akan mendapatkan bantuan uang sejumlah Rp. 17.500.000, dimana Rp. 15.000.000 akan digunakan untuk bahan bangunan dan Rp. 2.500.000 diperuntukkan untuk upah tukang. Pengerjaan BRS dilakukan dengan model swadaya serta akan melibatkan Bank Kalbar dalam penyalurannya yang akan dilakukan secara bertahap,” ujar Kabid Perumahan Rakyat pada Dinas Perumahan Rakyat, Permukiman dan Lingkungan Hidup Kab. Bengkayang.

Kriteria Penerima Bantuan Rumah Swadaya (BRS).

Program BRS sendiri dilaksanakan untuk mewujudkan rumah yang layak huni, sehingga menjadikan perumahan yang sehat, aman, serasi, dan teratur serta berkelanjutan, perlu didukung dengan bantuan stimulan perumahan swadaya, sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia Nomor 13/PRT/M/2016 tentang Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya.

Masyarakat di 3 (tiga) desa di Kecamatan Seluas terlihat antusias dan mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Bengkayang atas program BRS yang menurut mereka dilaksanakan secara partisipatif dan transparan.

Sebagian Calon Penerima BRS Bersama Saat Sesi Foto Bersama.

“Kami mengucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, dengan program ini kami masyarakat biasa dapat memikirkan kebutuhan lain yang perlu dipenuhi seperti pendidikan anak-anak kami. Dengan diikutsertakannya pihak kepolisian dan kejaksaan dalam kegiatan sosialisasi ini, masyarakat menjadi aman dan bergembira. Sudah 2 (dua) kali kami diundang untuk sosialisasi, dengan begini kami paham dan siap memperbaiki rumah kami”, apresiasi Faisal Arisandi penerima BRS.

Bagikan Ke :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top