PENGADUAN PENGAWASAN ORANG ASING

Sistem Pelaporan Orang Asing

Berdasarkan Pasal 13 Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor 50 Tahun 2016 tentang Tim Pengawasan Orang Asing, pada tingkat kabupaten/kota, Kejaksaan Negeri sebagai bagian integral dari Kejaksaan Republik Indonesia merupakan anggota dari Tim Pengawasan Orang Asing yang selanjutnya disebut Tim Koordinasi Pora.

Sebagai bentuk supporting data dan data base pengawasan orang asing di wilayah hukum Kabupaten Bengkayang yang leading sector-nya  diselenggarakan oleh Kantor Imigrasi Non TPI Kelas II Singkawang, seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Bengkayang menyelenggarakan system pengaduan pengawasan orang asing.

Pengawasan orang asing dilakukan karena Pemerintah Republik Indonesia menerapkan Kebijakan Selektif (selective policy) yang berarti hanya orang asing yang bermanfaat dan tidak membahayakan keamanan dan ketertiban umum yang diperbolehkan masuk dan berada di wilayah Indonesia. Penjamin (sponsor) bertanggung jawab atas keberadaan dan kegiatan orang asing yang dijaminnya. Demikian halnya dengan Pemilik/Pengurus tempat penginapan atau perorangan yang berkewajiban untuk memberikan data mengenai orang asing yang menginap di tempat penginapan atau tempat tinggalnya. Pelaporan orang asing ini dalam waktu 1×24 jam sejak orang asing tersebut mulai menginap.

Tata Cara Pelaporan pada Orang Asing pada Kejaksaan Negeri Bengkayang

  1. Pelapor merupakan Perorangan atau Pemilik/Pengurus Hotel/Apartemen/Mess Perusahaan atau Tempat Penginapan lainnya;
  2. Pelapor wajib mengisi formulir yang tersedia di bawah ini;
  3. Pelapor wajib mengisi dan melampirkan formulir yang dapat diunduh di sini;
  4. Pelapor juga wajib melaporkan keberadaan orang asing pada Aplikasi Pelaporan Orang Asing (APOA) Direktorat Jenderal  Kemenkum HAM RI yang dapat diakses di sini.

Alamat Lengkap

Scroll to Top